Catatan IDEQ 313: Indonesia raya merdeka merdeka.. tanahku negeriku yang kucinta…

Yaka Fitra, pegiat blog, dalam IDEQ 313

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan negara kita, dimulailah acara IDEQ 313 dengan judul Kulo Nuwun Start Up yang di buat oleh salah satu komunitas Start Up di wilayah Solo yaitu Indonesia Start Up Founder (IDSF). Acara ini disusun menjadi suatu acara diskusi yang mempertemukan antara pegiat start up dan bagi para masyarakat non startup yang bertempat di Digital Innovation Lounge Solo (DILo Solo) di tanggal 13 Maret lalu.

DILo Solo yang menjadi basecamp bagi para pelaku Digital dan IDSF yang menjadi wadah bagi pendiri start up memiliki tujuan yang linier dimana mereka bersama sama menginginkan masyarakat Kota Solo untuk mengenal dan mengetahui seluk beluk Start Up. Untuk itulah acara IDEQ 313 kemarin tidak hanya mengundang para pelaku Start Up tapi juga mengundang lini masyarakat lain seperti pelajar, mahasiswa maupun komunitas yang masih belum terbiasa dengan istilah Start Up. 

Start Up adalah rintisan usaha yang mempunyai visi kedepan untuk melakukan perluasan dan berusaha mengubah dunia. Contoh dari start up yang ada di kota Solo ada WiForGo, Teman Belajar, Kredibel, Impuls, Oemah Semar dan masih banyak lainnya. Beberapa dari mereka sudah jatuh bangun, melakukan penggantian model bisnis dan sampai mendapatkan pendanaan dari pemerintah maupun investor. Tentunya investor tersebut mendanai mereka karena Start Up mereka sudah berjuang keras dan akhirnya bisa menarik minat para investor.

Ardhy Yuliawan memperkenalkan startup-nya untuk masyarakat Soloraya

Start Up di Kota Solo ini masih belum seramai di kota kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Itulah yang menjadikan pemikiran bagi panitia menyelenggarakan acara IDEQ 313 tersebut di Kota Solo untuk mengembangkan ekosistem Start Up terutama Start Up Digital bagi masyarakat awam yang masih melakukan suatu pekerjaan secara konvensional. 

Acara IDEQ 313 berbentuk diskusi yang dibantu oleh moderator dengan durasi sekitar 2 jam dimana para peserta diskusi diberikan pertanyaan oleh moderator untuk dijawab. Diskusi ini berlangsung baik dan selesai dengan lancar tanpa hambatan apapun. Yang perlu digaris bawahi bahwasanya acara diskusi ini perlu di kembangkan lagi agar Kota Solo bisa terbentuk masyarakat digital dan ekosistemnya semakin meluas. Dengan hal tersebut pastinya Kota Solo akan semakin maju.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »