[IDSF Sharing] Contoh Kontrak Kerjasama


Kerjasama merupakan hal yang wajar dalam kehidupan manusia. Mengingat kodratnya sebagai makhluk sosial, manusia selalu bekerjasama dalam berbagai hal. Apalagi dalam bidang startup berbasis digital seperti kita, adanya founder dan co-founder menunjukkan bukti nyata hubungan tersebut. Tentunya hubungan kerjasama ini haruslah ada perjanjian resmi, hitam di atas putih yang sering disebut kontrak kerjasama. Hal ini dilakukan guna penyelesaian konflik di masa mendatang. 

Kontrak kerjasama ini juga digunakan untuk memperjelas pembagian kerja antar anggota kongsi. Meski bekerjasama dengan sahabat sekalipun, kontrak kerjasama haruslah dibuat sebelum melaksanakan kongsi. Jangan sampai hubungan persahabatan hancur karena berselisih satu sama lain karena tidak adanya kontrak kerjasama yang jelas dalam kongsi tersebut.

ID Startup Founder menyadari pentingnya hal tersebut, membagikan beberapa contoh kontrak kerjasama untuk para founders sekalian. ID Startup Founder menyertakan kontrak kerjasama antara lain:
  1. Draft perjanjian kerjasama investasi
  2. Kontrak pekerjaan pembangunan perangkat lunak
  3. Kontrak pinjaman modal
Kontrak kerjasama ini sangat diperlukan untuk startup founders maupun freelancer di bidang teknologi digital. Mengingat pentingnya kontrak kerjasama ini, diharapkan saudara sekalian benar-benar memperhatikan hal ini sebelum menyesali segalanya pada masa mendatang.

Berikut tautan untuk mengunduh dokumen-dokumennya dapat di klik disini. ID Startup Founder berterimakasih kepada Mas Arga, founder dari briqsoftware.com dan salah satu anggota inti komunitas ini, yang telah berbagi kisah pengalamannya serta dokumen kontrak kerjasama untuk dapat digunakan oleh para anggota lain. ID Startup Founder berharap informasi dan dokumen ini dapat membantu khalayak ramai sehingga negeri kita tercinta dapat meraih kejayaannya melalui teknologi digital ini. Amin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »