Ciptakan Pelaku Startup Digital Baru, DILo Adakan Hackathon Serentak


YOGYAKARTA (IDSF-News) Sebagai salah satu upaya untuk mendukung ekosistem yang baik untuk membantu perkembangan startup dan komunitas digital di Indonesia untuk menjadi calon-calon startup yang unggul tersebut, Digital Innovation Lounge (DILo) mengadakan kegiatan DILo Hacakthon Festival yang merupakan rangkaian dari program tahunan DILo yaitu, DILo Festival dengan mengusung tema “Building Global Competitiveness Through Digital Creative”. 
DILo Hackathon Festival yang merupakan sebuah ajang kompetisi bagi para developer Indonesia untuk menghasilkan aplikasi-aplikasi terbaik dalam satu malam 24 jam. Kegiatan ini dilaksanakan di 10 Kota di Indonesia, yaitu pada tanggal 18-19 November 2017 di Kota  Makassar, 24-25 November 2017 di Kota Medan dan di Kota Banda Aceh, Tangerang, Bandung. Bogor, Malang, Jogja, Denpasar, Balikpapan pada tanggal 25-26 November 2017. 
Sejak minggu pembukaan registrasi hingga akhir penutupan registrasi tercatat sudah hampir 200 tim yang mendaftar. Setelah proses seleksi dari panitia, maka terpilihlah 132 tim yang lolos untuk mengikuti acara DILo Hackathon Festival 2017. 
DILo Hackathon  Festival 2017 bertujuan untuk mengeksplorasi isu-isu yang dihadapi Indonesia dan mencari solusinya untuk mengembangkan dunia kreatif digital di Indonesia dan menciptakan inovasi yang disruptif. “Apapun ide yang kalian miliki mudah-mudahan nanti akan menjadi besar, dimulai dari hal yang kecil dari hari ini “ ujar Pak Arief Mustain, EGM Telkom DDS pada saat pembukaan DILo Hackathon Festival di DILo Denpasar.
Setelah dibuka oleh pihak PT. TELKOM dan serentak di kota lainnya secara online, acara dilanjutkan  dengan Workshop yang dibawakan perwakilan dari MainAPI yang berfungsi untuk menyampaikan materi pengetahuan dasar terkait persyaratan teknis kompetisi. Fase berikutnya adalah “Hacking Time” dimana peserta membuat produk yang mereka ingin 24 jam kedepan sebelum dipresentasikan dihadapan para juri. 

Berikutnya pada fase “best 10 selection” peserta melakukan demo terhadap product yang mereka kembangkan untuk mencari 10 tim terbaik untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Tahap akhir para peserta mempresentasikan produk dan bisnis mereka dihadapan para juri dan peserta lainnya, hingga akhirnya diperoleh 3 tim terbaik sebagai pemenang.
Setiap pemenang berhak menerima hadiah uang tunai sebesar 3 juta rupiah untuk pemenang pertama, 2 juta rupiah untuk pemenang kedua, dan 1 juta rupiah untuk pemenang ketiga. Para juara dari masing-masing Kota akan di seleksi kembali oleh tim Juri Nasional untuk diikutsertakan pada Exhibition dalam kegiatan Indigo Day, yang merupakan rangkaian akhir dari DILo Hackathon Festival. Dalam kegiatan DILo Hackathon Festival Jogja-Solo 2017 nama-nama tim serta produknya adalah sebagai berikut:
  1. NoesDroid01 nama produk Best Guide aplikasi pemandu wisata atau tour guide, pertama kali akan di kembangkan untuk Daerah Istimewa Yogyakarta. dalam aplikasi ini nanti tourist local dan Mancanegara dapat mencari seorang pemandu wisata di tempat wisata yang akan di kunjungi. Dalam aplikasi ini terdapat fasilitas pencarian pemandu wisata sesuai dengan yang tourist inginkan, tourist juga dapat menentukan tempat wisata yang akan dia tuju dengan waktu yang sesuai dengan apa yang turis inginkan dan telah di sepakati dengan pemandu wisata yang akan menemaninya.
  2. NoesDroid02 nama produk KoFreshy  Aplikasi berbasis Android yang berfungsi menyalurkan bahan pangan organik dan fresh dari petani untuk bisnis kuliner, rumah makan, perhotelan dan lain-lain.
  3. Hayoo siapa? nama produk Plesir Aplikasi untuk rating tempat wisata menggunakan Natural Language Processing dengan beberapa platform
  4. Mari-wisata dengan nama produk mariwisata  Aplikasi berwisata secara aman dan transparan dengan penghubung antara tour guide dengan customer
  5. Ekadaster nama produk ekadaster  aplikasi Building Management of appartment, buildings office, and hotels
  6. E wed nama produk e wed Aplikasi jejaring sosial untuk mempersiapkan, mengabadikan dan membagikan perjalanan pernikahan
  7. Ningrat Cuhuy nama produk YOGYAKARTA COMMAND CENTER aplikasi smartcity yang berfungsi memonitoring dan menindaklanjuti Informasi terkait struktur kota yang mengalami kerusakan, menindaklanjuti keluhan masyarakat sehingga permasalahan dapat dengan cepat dan tepat ditangani oleh pemerintah
  8. Singkawang team nama produk singkawang website pariwisata dan kuliner Kota Singkawang berbasis Mobile Platform
  9. GeekLabs nama produk Piknik Hub Aplikasi penghubung piknik antara orang yang akan melakukan piknik dan ingin mendapatkan teman piknik menggunakan aplikasi ini.
Dari kesembilan team dalam DILo Hackathon Festival Jogja-Solo 2017 didapat tiga juara yaitu


E wed Aplikasi jejaring sosial untuk mempersiapkan, mengabadikan dan membagikan perjalanan pernikahan

Mariwisata Applikasi berwisata secara aman dan transparan dengan penghubung antara tour guide dengan customer


Ningrat Cuhuy aplikasi smartcity yang berfungsi memonitoring dan menindaklanjuti Informasi terkait struktur kota yang mengalami kerusakan, menindaklanjuti keluhan masyarakat sehingga permasalahan dapat dengan cepat dan tepat ditangani oleh pemerintah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »